AAL

AAL
Mencetak Generasi Masa Kini yang berotak Jerman dan berhati Mekkah

Kamis, 06 Januari 2011

BULUNGAN : Surga Yang Tersembunyi

Oleh : Suyanto Pa'ane Aswajain

Jika anda berkunjung ke Kabupaten Pati Jawa Tengah, jangan lupa untuk mampir di desa Bulungan kecamatan Tayu. Sebuah desa yang nyaman lagi tentram.Penduduknya yang ramah tamah akan menyambut anda dengan senyuman yang mengembang menggelayut di bibir mereka. Disertai sapaan santun khas orang desa yang tinggal jauh dari pengaruh metropolis.
Desa bulungan yang terletak di persimpangan jalan Raya Tayu - Jepara mempunyai banyak sekali obyek wisata. Diantaranya adalah Kali Terok yang membelah persawahan sebelah utara Desa. Kali Terok yang berliku - liku merupakan tempat wisata yang menyenangkan. Selain merupakan arena pemancingan alami juga bisa dijadikan obyek wisata religi. Di sebelah barat Kali Terok terdapat Punden Pathoman yang biasa dikunjungi oleh para peziarah dari berbagai daerah. Setiap hari Kamis Wage banyak peziarah yang berdatangan. Dari yang melakukan ritual penyembelihan ayam, kambing ataupun hanya sekedar untuk melihat - lihat pemandangan yang ada di sekitarnya.

Anda yang suka kuliner, jangan khawatir. Di Desa yang merupakan pusat jajanan dan makanan ini, anda akan menemukan aneka macam masakan yang bisa memanjakan selera makan anda. Salah satunya adalah Warung NYI KANAH. Sebuah warung yang terkenal dengan masakan tempe bacem dengan harga murah. Selain masakan tersebut, di warung ini anda juga bisa jagongan sambil minum wedang kopi tulen dengan rokok lelet lontho.

Selain itu di desa ini juga terdapat pabrik nggaripil yang memproduksi aneka makanan ringan dengan bahan baku ketela. Produk pabrik ini sudah beredar di desa Bulungan dan sekitarnya bahkan sudah sampai ke desa Tendas. Cemilan yang diberi merk dagang “COTELO” ini telah diakui oleh masyarakat sekitar sebagai cemilan yang berkualitas, renyah, halal dan tentu saja mempunyai rasa nyampleng. ” Bahan Baku COTELO ini diambil langsung dari ladang Mbah Hardi di Tegal Tayu. Setiap mengambil dari ladang langsung dimasak sehingga renyahnya sangat terasa ” kata Bu Yakni sang pemilik pabrik.

Dibidang pendidikan, Desa yang telah melahirkan generasi - generasi handal ini juga mempunyai lembaga pendidikan yang bonafit, yaitu Yayasan As-Salam Bulungan yang menaungi RA, MI dan MTs. Mamba’unnidhom Bulungan Tayu Pati.  Semua siswa di lembaga pendidikan ini sangat kreatif karena pola pendidikannya sangat menyenangkan. “Setiap pulang dari sekolah saya selalu ingin balik lagi ke sekolah karena di sekolah sangat menyenangkan” kata Alvin Aswaja salah satu murid di MI Mamba’unnidhom Bulungan. Alvin Aswaja yang merupakan siswa kelas 3 tersebut memang salah satu siswa andalan di sekolahnya. Dia baru saja menjadi wakil madrasah dalam lomba pidato Bahasa Arab dalam rangka Hari Amal Bhakti Kementerian Agama Republik Indonesia.

Sementara itu, di level MTs. Mamba’unnidhom, para siswa juga mempunyai kegiatan yang sangat heboh yaitu Marching Band BAHANA NADA HISMAM. Group marching band yang sudah melanglang buana di seantero kabupaten pati dan sekitarnya ini merupakan ajang kreatifitas siswa siswi MTs Mamba’unnidhom Bulungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar