AAL

AAL
Mencetak Generasi Masa Kini yang berotak Jerman dan berhati Mekkah

Rabu, 05 Januari 2011

Perkenalkan Islam sejak dini - Ibadah Haji

 Oleh : Elok Kartika

Ibadah Haji merupakan rukun Islam kelima, bagi yang mampu. Namun, ibadah ini banyak - kalau tidak bisa dibilang mayoritas - diabaikan oleh umat Islam sendiri. Umat Muslim yang berpunya dan semestinya mampu , mengajukan beribu alasan untuk tidak melaksanakan ibadah ini.
Memperkenalkan umat semenjak usia dini adalah salah satu solusi agar ibadah ini tidak dianggap 'sepele' oleh pemeluk islam sendiri.
Hilmi Azali 4 thn misalnya, seorang bocah prasekolah dari Pati, dengan semangat mengikuti 'latihan ritual' ibadah ini. Mula-mula memang risih dengan pakaian ihram-nya (tampak pada gambar sebelah), tapi lama-lama dia malah menikmati suasana latihan yang diselenggarakan di stadion kota Pati beberapa hari lalu. Apalagi setelah bergabung dengan ratusan teman-teman baru seusianya.
Sekali, dua kali...dan seterusnya...hal-hal "sepele" seperti ini mesti kita lakukan pengenalan dan pembiasaan kepada pemeluk Islam semenjak usia dini, sama halnya dengan ibadah-ibadah lain semisal berwudhu, sholat, puas, dan seterusnya...............

Tidak ada komentar:

Posting Komentar