AAL

AAL
Mencetak Generasi Masa Kini yang berotak Jerman dan berhati Mekkah

Rabu, 12 Januari 2011

Shalat Jama'ah Siswa - Siswi MTs. Mamba'unnidhom : Upaya Pembiasaan Ahlak Mulia

Prosesi Shalat Jama'ah diawali dengan wudhu

Sungguh prihatin melihat kondisi umat Islam saat ini. Jika kita sedikit memalingkan pandangan ke masjid-masjid, kita akan menyaksikan bahwa rumah Allah yang ada sangat sedikit sekali dihuni oleh jama’ah ketika mu’adzin meneriakkan hayya ‘ala shalah.
Saat ini kita lihat di mana masjid-masjid kaum muslimin tampak megah dan indah dengan berbagai hiasan dan aksesoris di dalamnya. Namun sangat-sangat disayangkan masjid-masjid tersebut sering kosong dari jama’ah. Ini sungguh sangat mengherankan. Kita kadang melihat masjid yang megah dan besar hanya dipenuhi satu shaf padahal jumlah kaum muslimin di sekitar masjid itu amat banyak.

Sambil Menunggu Imam, Para Siswa melantunkan pujian( shalawat )

Oleh karena itulah, HISMAM sebagai Organisasi Siswa Intra Sekolah di Madrasah Tsanawiyah mamba'unnidhom berupaya untuk membiasakan siswa siswi Mamba'unnidhom Bulungan melakukan shalat jama'ah. Meskipun Shalat jama'ah ini hanya dilaksanakan pada waktu dzuhur, tetapi diharapkan imbas dari kegiatan pembiasaan ini akan membekas di hati siswa dan siswi MTs. Mamba'unnidhom sampai mereka dewasa kelak.



Siswi putri sedang melakukan persiapan sholat jama'ah

 Meskipun tempat yang digunakan oleh siswi putri untuk shalat jama'ah dzuhur hanya seadanya, akan tetapi semangat mereka tetap membara. Inilah salah satu manfaat dari ruang kelas yang bersih. Bukankah "Kebersihan adalah sebagian dari Iman ?"







 

Dengan Khusu' Para Siswa Melaksanakan Shalat Jama'ah

Pelaksanaan Shalat Jama'ah Dzuhur bagi para siswa dilaksanakan di Masjid Baitul Muttaqin Bulungan dengan Imam para guru yang mengajar pada hari tersebut. Sedangkan bagi para siswi jama'ah shalat dzuhur dilaksanakan di aula MTs. Mamba'unnidhom Bulungan. Jama'ah bagi siswi putri diimami oleh Ibu guru yang mengajar pada hari tersebut.




Shalat Jama'ah Diakhiri Dengan Dzikir dan Do'a

Meskipun tidak dilakukan pengabsenan pada saat pelaksanaan shalat jama'ah, akan tetapi dengan kesadaran yang tinggi dari siswa dan siswi MTs. Mamba'unnidhom Bulungan, program jama'ah shlat dzuhur ini diikuti oleh semua siswa dan siswi kecuali mereka yang udzur.
Semoga diterima oleh Allah SWT. Amiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar